Senin, 07 September 2009

MYOB untuk Praktikum Lab Akuntansi
SMK MUHAMMADIYAH 1 BANJARMASIN
.
SMK MUHAMMADIYAH 1 Banjarmasin merupakan sekolah Swasta terbesar di Kalimantan Selatan, Sekolah yang terletak di jalan S Parman No 221 Banjarmasin dengan siswa dengan jumlah 600 siswa yang terdiri dari 3 jurusan (spektrum) yaitu
1. Akuntansi
2. Manajemen Pemasan (Penjualan)
3. Tehnik Komputer Jaringan (TKJ)
Saat ini hampir semua lembaga pendidikan kejuruan di Indonesia seperti SMK (Sekolah Menengah Kejuruan MUHAMMAMADIYAH 1 Banjarmasin jurusan Akuntansi) yang dulu dikenal dengan istilah SMEA (Sekolah Menengah Ekonomi Atas) telah mengajarkan aplikasi akuntansi yang terkomputerisasi. Tentunya yang mengajarkan tersebut adalah sekolah yang telah memiliki fasilitas komputer
Ternyata tidak hanya kalangan SMK saja yang telah mengajarkan aplikasi komputer tersebut. Akademisi dan sekolah tinggal mulai dari Program Diploma 1, 2, 3, S1 juga mengajarkan aplikasi akuntansi di lab komputernya. Aplikasi yang tersebut sudah populer saat ini yang disebut dengan MYOB = Mind Your Own Business.
Hal tersebut membuat banyak sekali para penulis buku MYOB dari kalangan akademisi tersebut. Tapi sayangnya dari beberapa buku yang ditulis tersebut masih ketinggalan versinya (versi lama). Ironisnya lagi, ternyata para penulis tersebut mengajarkan versi lama dan versi yang bukan resmi. Hal ini dikarenakan minimnya informasi yang diperoleh para guru-guru dan para dosen dosen lab akuntansi di daerah daerah. Ternyata di Jakarta sendiri juga masih banyak sekolah dan lembaga pendidikan tinggi yang mengajarkan MYOB versi lama seperti MYOB Accounting versi 13, MYOB Premier versi 7.5, MYOB Accounting Premier 2006 dll. Padahal sekarang telah release MYOB Accounting versi 18 dan MYOB Premier versi 12.
MYOB Accounting versi 18 maupun MYOB Premier versi 12 bisa dengan mudah diperoleh installernya dengan cara men-download dari website tanpa dikenakan biaya, hanya memakan biaya kilobite pada saat download saja. Tentunya versi yang di download tersebut adalah versi Trial. MYOB versi Trial dengan versi Full version pada dasarnya isi installernya sama. Yang membedakan adalah versi full sudah memiliki nomor seri yang sudah terdaftar dan bisa di aktifkan untuk penggunaan file seterusnya. Sedangkan versi trial hanya bisa digunakan untuk setiap file yang dibuatnya selama 30 hari kedepan. Selama 30 hari kedepan jika file yang telah dibuat tersebut belum diaktifkan, maka file tersebut akan menjadi READ ONLY (bisa di buka, bisa dilihat, bisa dicetak, tetapi tidak bisa di edit lagi dan tidak bisa ditambahkan lagi transaksi berikutnya).
Hal ini yang menyebabkan banyak guru-guru dan dosen lab komputer akuntansi memutuskan masih tetap mengajarkan MYOB versi lama dan bahkan menggunakan MYOB versi yang tidak resmi ‘bajakan’.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar