Selasa, 08 September 2009

trik mengajar myob

Berikut ini saya berikan trik cara belajar MYOB dengan tetap menggunakan MYOB versi Trial, MYOB versi terbaru, dan tidak mengajarkan menggunakan versi yang tidak legal.
Buat soal yang bisa diselesaikan dalam waktu singkat (kurang dari 30 hari harus sudah selesai)
Kalau tidak memungkinkan dikarenakan pertemuannya seminggu cuma sekali, maka caranya adalah : siapkan pemenggalan-pemenggalan pertemuan sesuai dengan waktu yang disediakan. Kalau satu kasus akan diselesaikan dalam 5 kali pertemuan, maka siapkan pemenggalan tersebut hingga 5 kali pemenggalan.
Siapkan File disetiap pertemuan yang sudah di Backup (ZIP). Kerjakan pemenggalan tersebut dengan MYOB versi lama, supaya saat dibuka di MYOB versi baru akan di upgrade dan dikenali dengan jumlah hari yang masih utuh (masih 30 hari kemudian).
Dengan demikian ada beberapa keuntungan yang kita peroleh dengan menyediakan file dalam bentuk Zip disetiap pemenggalan tersebut yaitu :
Kita mengajarkan MYOB versi terbaru (tidak ketinggalan)
Kita tidak mengajarkan MYOB versi bajakan
Kita mengajarkan bagaimana melakukan Restore Data dan Upgrade Data dari versi lama ke versi baru
Kita tidak dipusingkan dengan ketidak hadiran siswa pada pertemuan sebelumnya. Karena saat melakukan restore data, otomatis keadaan data semua siswa sama. Jadi tidak ada yang aneh-2 di data sebelumnya. Control ruangan kelas lebih mudah dan tidak capek. Kalau satu data yang sama di bawa oleh siswa tersebut dari pertama kali membuat data file, maka kesalahan-2 sebelumnya akan terbawa terus. Waktu kita kebanyakan habis untuk memperbaiki dan mengajarkan kepada siswa yang datanya sudah bermasalah. Jika hal ini terulang terus, maka waktu pertemuan akan banyak terbuang.
Jika Bapak/Ibu Guru yang membutuhkan pemenggalan data tersebut serta file.zip yang sudah dipisahkan per pertemuan bisa menghubungi blog myob indonesia via email ke : myob.indonesia@yahoo.com atau bisa download dari yahoogroups : Download!
Semoga informasi ini membantu bagi para Bapak/Ibu Guru dan trainer di sekolahan. Lebih aman dan lebih baik menggunakan MYOB versi Trial dan terbaru (sekarang sudah ada MYOB Accounting versi 18 dan MYOB Premier versi 12) daripada menggunakan MYOB versi lama apalagi MYOB yang digunakan tersebut adalah versi Bajakan. Installer MYOB versi terbaru (Trial) bisa di download gratis di http://myobindonesia.wordpress.com/download/
Pemenggalan Materi :
Setup Awal : buat file baru, menyusun daftar akun, import daftar akun, setup pajak, setup Preferences, menentukan Linked Account
Setup Awal : membuat data customer, supplier, daftar barang dagang, backup dan restore
Saldo Awal : saldo awal neraca, saldo awal piutang, saldo awal utang, saldo awal persediaan barang
Transaksi Pembelian, Retur Pembelian dan Laporan Pembelian
Transaksi Penjualan, Retur Penjualan dan Laporan Penjualan
Transaksi Penerimaan Kas (Receive Money, Receive Payments), Bank Transfer
Transaksi Pengeluaran Kas (Spend Money, Pay Bills) dan Penyesuaian ke metode FIFO sebelum penyesuaian
Jurnal Penyesuaian, Rekonsiliasi Bank, Pajak Penghasilan Badan
Laporan Keuangan setelah penyesuaian, jurnal pembalik
Tanya Jawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar